Setelah sekian lama hadir di Indonesia, akhirnya HokBen menginjakkan kakinya juga ke Kota Medan untuk pertama kalinya. Ini menjadi penawar kerinduan bagi teman-teman yang sering main ke Jakarta, yang udah pernah nyobain HokBen. Itu bagi mereka, kalau bagi saya itu penawar kepenasaran saya akan rasa dari HokBen ini karena dari dulu cuma liat iklannya di TV.
Suasana Grand Opening HokBen di Sun Plaza Medan
Nah pada tanggal 27 Januari 2020 kemarin, saya dan teman-teman blogger diundang untuk nyobain secara ekslusif gerai HokBen Medan untuk pertama kalinya sebelum dibuka untuk umum secara resmi pada tanggal 28 Januari 2020. Outletnya berada di Sun Plaza lantai 4. Merupakan yang pertama dan satu-satunya di Kota Medan. Konon katanya dulu di sekitaran Merdeka Walk ada restoran sejenis dan ternyata setelah di konfirmasi ke mbak Irma Wulansari, Communications Division HokBen, beliau menyatakan itu merupaka gerai tidak resmi alias ilegal dan menggunakan nama yang hampir mirip.
Mbak Irma Wulansari, Communications Division HokBen

Sejarah HokBen

HokBen pertama kali berdiri pada tahun 1985 di Kebon Kacang, Jakarta di bawah naungan PT. Eka Bogainti. So HokBen merupakan karya anak bangsa ya gais, asli Indonesia. Buat kalian yang menganggap ini produk luar negeri kalian salah gais, HokBen merupakan restoran penyedia makanan khas Jepang, tapi bukan berasal dari Jepang. Tapi memang secara konsep HokBen terinspirasi dari restoran yang ada disana.
Gerai Pertama HokBen di Kebon Kacang, Jakarta tahun 1985 (sumber : situs resmi HokBen)
Setelah sukses di Jakarta, HokBen mulai melakukan ekspansi keluar kota. Kota pertama yang di menjadi tujuan ekspansi adalah Bandung pada tahun 1990. Untuk saat ini sudah ada 26 gerai yang tersebar di Bandung. Di tahun-tahun berikutnya HokBen terus berekspansi ke kota-kota lainnya seperti Surabaya, Sidoarjo, Malang, Jogja, Solo, Semarang, Bali dan kota-kota lainnya. Untuk pulau Sumatera, gerai pertama hadir di Kota Bandar Lampung pada tahun 2018 di Mall Boemi Kedaton.
Grand Opening gerai pertama HokBen di pulau Sumatera, Oktober 2018 Mall Boemi Kedaton Lampung
Pada tahun 2008, setelah 23 tahun berdiri HokBen baru mendapatan sertifikat Halal dari Majelis Ulama Indonesia. Namun bukan berarti selama sebelum mendapatkan setifikat HokBen tidak halal, karena untuk mendapatkan sertifikasi halal bukan hal yang mudah. Berhubungan dengan banyak pihak seperti suplayer bahan makanan yang memasok HokBen juga harus memiliki sertifikasi halal juga, proses yang tidak mudah dari hulu ke hilir.
Sertifikat Halal HokBen dari Majelis Ulama Indonesia
Awal berdiri HokBen menggunakan nama Hoka Hoka Bento, namun pada tahun 2013 rebranding menjadi HokBen, namun untuk kedua brand tersebut sudah dipatenkan oleh HokBen. Rebranding ini bertujuan untuk peremajaan agar kesan yang ditampilkan ke konsumen lebih melekat dan logo juga berubah menjadi lebih minimalis.
Perubahan logo dan rebranding Hoka Hoka Bento menjadi HokBen

Ramah Lingkungan dengan program #UseLessPlastic

Pada Agustus 2019, HokBen sudah mulai menyuarakan isu peduli lingkungan yaitu dengan Less Waste &  Use Less Plastic Campaign. HokBen mengajak para konsumen untuk sama-sama peduli akan lingkungan dengan mengurangi penggunaan plastik untuk lingkungan hidup yang lebih baik.

Jadi jika kalian datang ke gerai HokBen, kalian tidak akan menemukan lagi penggunaan sedotan dan cup lid. Dan untuk di Bali bahkan tidak lagi menggunakan kantong plastik, karena perda di Bali sudah melarang penggunaan kantong plastik. Yang kerennya lagi dan yang paling saya suka yaitu HokBen sudah menerapkan penggunaan kotak makan atau tumbler sendiri untuk take away kepada konsumen. 

Selain ramah lingkungan, HokBen juga aman dikonsumsi untuk segala kalangan karena dalam penyajiannya tidak menggunakan MSG sehingga ibu hamil dan anak-anak tidak perlu khawatir.

HokBen Pertama di Medan

Diberi kesempatan untuk nyobain, saya sendiri cukup antusias karena ini pertama kalinya nyobain makanan jejepangan ala HokBen yang tentunya punya khas yang tersendiri karena sudah hadir sejak puluhan tahun yang lalu. Gerai pertama HokBen di Medan berada di Sun Plaza lantai 4 dan ini merupakan gerai ke 168. Lokasinya cukup strategis, terlihat dari berbagai sisi. Juga mudah diakses karena letaknya tidak jauh dari eskalator maupun lift.
Suasana gerai HokBen di Sun Plaza Medan
Pada kesempatan ini saya nyobain Bento Spesial 4 yang isinya Nasi, Salad, Beef Teriyaki, Tori no Teba, Ebi Furai, Ebi Fried. Minumnya nyobain Ocha dan supnya nyobain Chikcken Tofu. Rasanya gimana? Ternyata enak banget hehe. Kirain bakal gak ada rasanya karena tanpa MSG tapi ternyata Beef Teriyakinya punya rasa yang cukup enak, namun cenderung manis. Ebi Furai dan Ebi Friednya renyah banget. Agak kaget dengan Tori no Teba-nya yaitu sayap ayam yang berisis daging olahan yang ternyata udah gak ada tulangnya lagi, full daging. Agak kaget karena belum pernah nemuin kuliner yang beginian hehe.

Saladnya seger banget, gak terlalu asin. Jujur saya kurang suka makan salad tapi kali ini saladnya saya lahap habis tak tersisa karena rasanya beda dari yang pernah makan sebelumnya. Rasanya dilidah pas. Nasinya gak tau pake beras jenis apa, tapi pulen banget. Butiran berasnya masih terstruktur tidak terlalu lembek, hampir menyerupai tekstur ketan. Chicken Tofunya juga seger, lembut banget ketika digigit. Ochanya manisnya pas, suka banget.
Ini pertama kalinya saya nyobain HokBen dan overall suka dengan tastenya. Sepertinya bakal jadi salah satu pertimbangan kalau lagi laper di Sun Plaza. Selain sehat juga makanannya rasanya lezat. Buat teman-teman yang ingin nyobain silahkan aja datang ke Sun Plaza lantai 4, secara resmi sudah buka untuk umum mulai tanggal 28 Januari 2020 kemarin. Ada beberapa promo menarik yang bisa didapatkan seperti Bantal, Mug, Payung dan Voucher Makan Setahun yang tentutnya selama persediaan masih ada ya.
Promo menarik selama persediaan masih ada
Mengakhiri kegiatan icip-icip ini ditutup dengan foto bersama dengan teman-teman blogger. Spesial thanks saya ucapkan untuk mbak Irma Wulandari selaku Communications Division dan mbak Willy Oliver yang sudah mengudang kami semua untuk menghadiri Grand Opening gerai HokBen pertama di Kota Medan. Bagi saya pribadi ini menjadi suatu kebanggaan tersendiri bisa menjadi bagian dari catatan sejarah panjang HokBen. :)
Sesi foto bersama mbak Irma Wulandari, mbak Willy Oliver dan teman-teman Blogger
Tags: eventhokbenhokben medankulinerkuliner medanreviewtravel

Posting Komentar

0 Komentar

Langsung ke konten utama